Visi Misi Organisasi

 

VISI

“Terwujudnya BEM sebagai wahana belajar mahasiswa STPMD “APMD” Yogyakarta  yang representatif, aspiratif, dan dinamis ”

MISI

      Meningkatkan profesionalitas tatakelola organisasi

      Menumbuhkan spirit berorganisasi di kalangan mahasiswa

      Menumbuhkan budaya akademik dan non-akademik dalam lingkungan kampus

      Membangun hubungan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan lembaga STPMD “APMD” Yogyakarta

      Menjalin hubungan kerjasama dengan berbagai pihak di luar kampus

      Meningkatkan solidaritas antara mahasiswa, organisasi kemahasiswaan, dan seluruh civitas akademik.

 

Sejarah BEM

Salah satu tujuan Negara republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan cita – cita nasional tersebut, tentu saja berbagai daya dan upaya perlu dilakukan dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya nasional yang ada. Cita – cita tersebut perlu ditransformasikan dalam bentuk kebijakan nyata yang berlandaskan pada dasar Negara yakni pancasila dan UUD 1945. Upaya pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dilakukan dengan membentuk suatu sistem pendidikan nasional yang diharapkan dapat menghasilkan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Oleh karena itu, perguruan tinggi sebagai sebuah elemen penting dalam sistem pendidikan di Indonesia tentu saja memiliki tanggungjawab yang besar dalam rangka mendidik generasi muda agar dapat melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan bangsa ke depan.

Kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa “APMD” Yogyakarta adalah suatu  perguruan tinggi yang memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi yang konsisten dan terpercaya sebagai pelopor pembangunan masyarakat desa. Kita patut berbangga, karena STPMD “APMD” adalah satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang konsisten terhadap pembangunan masyarakat desa. Visi ideal jangka panjang tersebut akan terwujud apabila ada komitmen kuat dan kerjasama dari semua stakeholder, termasuk organisasi kemahasiswaan. Organisasi kemahasiswaan perlu memiliki sistem dan tata kelola yang baik dan dinamis Sebagai salah satu pilar dalam mewujudkan mahasiswa sebagai agent of change. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang ada di kota Yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan, STPMD “APMD” memiliki ciri khas tersendiri yakni mahasiswa yang berasal dari hampir semua daerah di Indonesia, sehingga sering disebut sebagai “Indonesia mini”. Sebagaimana hal yang lazim terjadi pada organisasi pada umumnya, organisasi kemahasiswaan di STPMD “APMD” pun mengalami pasang surut. Akan tetapi, itu bukanlah persoalan apabila kita semua berkomitmen, serta bekerja keras sebagai upaya membangun organisasi kemahasiswaan yang aktif dan dinamis.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STPMD “APMD” Yogyakarta adalah sebuah lembaga tinggi kemahasiswaan dalam Keluarga Besar Mahasiswa STPMD “APMD” Yogyakarta, yang membawahi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dalam lingkup kampus.  BEM lahir dari sebuah proses yang cukup panjang, yakni dimulai dari Musyawarah Besar (MUBES) DEMA, HMJ, & UKM, pada tanggal 3 – 4 maret 2011, yang kemudian dilanjutkan dengan Kongres Keluarga Besar Mahasiswa pada tanggal 13 – 15 mei 2011. Kongres akhirnya menyepakati dilaksanakannya Pemilihan Raya Mahasiswa (PEMIRA) pada tanggal 6 Juni 2011. Kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa akhirnya  dilantik berdasarkan Surat Keputusan Ketua STPMD “APMD” Yogyakarta No.   ……………….. pada tanggal 9 Juli 2011.

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) memiliki tugas dan tanggung jawab yang  tidaklah ringan, sebagai penyalur aspirasi mahasiswa dengan tugas dan fungsi yang telah diamanatkan dalam Konstitusi Dasar Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) STPMD “APMD” Yogyakarta. karena itu BEM sangat mengharapakan dukungan dan motivasi dari semua takholder kampus, terutama mahasiswa/I STPMD “APMD” yang dibanggakan

Azaz dan Landasan Organisasi BEM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sebagaimana organisasi pada umumnya memiliki azaz dan landasan yang menentukan arah dan garis perjuangan organisasi. Adapun azas dan landasan BEM adalah sebagai berikut:

Azas  :

BEM STPMD “APMD” Yogyakarta berazaskan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Landasan    :

  1. BEM STPMD “APMD” Yogyakarta berlandaskan Tridarma Perguruan Tinggi dan SK menteri Pendidikan & Kebudayaan No. 155/u/1998 tentang Pedoman Umum organisasi kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.
  2. Konstitusi Dasar/Anggaran Rumah Tangga Keluarga Besar Mahasiswa STPMD “APMD” Yogyakarta
  3. GBHO dan TKO